PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS HUMANIORA: Menyelami Adat Budaya Dayak Perspektif Fenomenologi

Rp 125.000

Kategori:

Deskripsi

Judul Buku: PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS HUMANIORA: Menyelami Adat Budaya Dayak Perspektif Fenomenologi

Penulis: Dr. Septian Peterianus, S.S., M.Hum

Penyunting: Ahmad Jauhari

Cetakan: I, Oktober 2024

vix + 250  hlm; 15.5 x 23 cm

161-jivaloka-publishing

ISBN: (Cetak)
ISBN: (Digital)
Harga: Rp. 95.000,-

 

SINOPSIS

 

Nilai-nilai budaya sebagai identitas komunitas Dayak, seperti gotong-royong, penghormatan terhadap alam, dan kepatuhan kepada orang tua, kini mulai memudar. Ini terjadi oleh sebab pengaruh globalisasi dan modernisasi. Kajian ini menawarkan solusi melalui penerapan pendidikan karakter berbasis humaniora yang mengintegrasikan nilai-nilai adat lokal dalam pendidikan formal di perguruan tinggi.

 

Buku ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter berbasis humaniora melalui beragam program akademik dan non-akademik, di antaranya pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning), menekankan keterlibatan mahasiswa dalam praktik adat budaya, dapat meningkatkan pemahaman dan penghargaan mahasiswa terhadap adat budaya lokal. Implementasi manajemen ini mengikuti prinsip POAC (Planning, Organizing, Actuating).

 

Buku ini berkontribusi dalam pengembangan model manajemen pendidikan karakter berbasis humaniora yang dapat diterapkan di beragam wilayah, dengan karakteristik budaya lokal. Integrasi nilai-nilai adat budaya dalam pendidikan formal bukan hanya memperkuat identitas lokal, melainkan juga mempersiapkan mahasiswa menjadi generasi   berkarakter, berintegritas, dan mampu bersaing di tingkat global tanpa melupakan akar budaya.

======================================================

Septian Peterianus, lahir di Pemuar, Melawi, Kalimantan Barat, pada 16 September 1987. Tahun 2007 meneruskan S1 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta lulus 2011. Tahun 2012 meneruskan studi S2 di Universitas yang sama, selesai tahun 2015. Sejak 2013 bekerja di Pusat Studi Demokrasi Masyarakat (PUSDEMA) Universitas Sanata Dharma. Tahun 2015, bergabung sebagai dosen di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi, juga sebagai sekretaris LPPM sampai 2017. Selanjutnya, dipercaya sebagai Ketua Senat STKIP Melawi tahun 2017-2018. Tahun 2019 hingga kini, dipercaya sebagai Ketua STKIP Melawi. Ia dapat dihubungi via email: speterianus@gmail.com