Seri Buku Psikologi Sistem & Manajemen Sekolah: Peningkatan Mutu Kinerja Lembaga Pendidikan

Rp 55.000

Kategori:

Deskripsi

Judul Buku: Seri Buku Psikologi Sistem & Manajemen Sekolah: Peningkatan Mutu Kinerja Lembaga Pendidikan
Penulis: Yuzarion, Erni Suci Binasari, Muhammad Satra; Penyunting: Ahmad Jauhari

Cetakan: I, Agustus, 2022
vi+ 76 hlm; 15 x 23 cm
63-jivaloka-publishing

ISBN : 978-623-5291-55-0 (Cetak)
ISBN : 978-623-5291-56-7 (Digital)
Harga: Rp.55.000,-

 

SINOPSIS

 

Visi pendidikan sejalan dengan tujuan hidup bernegara, yakni menciptakan individu, keluarga, dan masyarakat menjadi bertaqwa, dalam suasana saling pengertian, guna mencapai kedamaian. Karenanya, pendidikan berfungsi mengolah kemampuan manusia, dengan mengembangkan potensinya. Pendidikan yang berkualitas, tentunya, juga mendukung pertumbuhan lembaganya.

 

Termasuk, lembaga pendidikan Islam, memungkinkan terwujudnya nilai-nilai al-Qur’an dan hadits. Maka, tujuan pendidikan Islam adalah mengolah manusia menjadi lebih baik, untuk tujuan kehidupan. Karenanya, meningkatkan mutu kinerja lembaga pendidikan menjadi urgen, bukan hanya demi lembaga pendidikan an sich, melainkan juga bagi orang lain (stakeholder).

 

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Baitussalam merupakan lembaga pendidikan sekolah berbasis Islam, yang menggabungkan kurikulum dinas pendidikan, Gontor, dan jaringan sekolah Islam terpadu. Sebagai upaya memaksimalkan Visi dan Misinya, maka seluruh siswa menetap di asrama. Oleh sebab, pembentukkan karakter siswa, perlu pembiasaan pada aktivitas sehari-hari. Program-program kegiatan SMAIT Baitussalam dilaksanakan di asrama maupun di sekolah, dengan didampingi pembina asrama dan dewan guru.

 

Buku ini membahas pelbagai teori Peningkatan Mutu Kinerja Lembaga Pemdidikan (PMKLP) berdasarkan perspektif al-Qur’an, Sunnah Rasulullah, Hasil Kinerja Lembaga Pendidikan, dan Aplikasi PMKLP di SMAIT Baitussalam di Yogyakarta. Buku ini disarankan bagi para pendidik, dan siapa saja yang berminat dengan bidang psikologi sistem dan manajemen sekolah.

 

BIOGRAFI PENULIS

 

Dr. Yuzarion, S.Ag., S.Psi., M.Si. Dosen tetap Magister Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Berkualifikasi Doktor Psikologi Pendidikan dari Universitas Negeri Malang. Buku yang pernah ditulis; Seri Buku Antologi Psikologi Pendidikan: Solusi Praktis Permasalahan Pendidikan,  Model Kecenderungan atas Nama Agama Islam, Psikologi Taqwa: Menghadirkan Diri, Hati, dan Jiwa Muttaqien, Model Teoretis Dinamika Psikologis Self-Regulated Learning, Keterkaitan Dinamika Psikologis Keberfungsian Keluarga dengan Self-Regulated Learning, Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini (Seri Buku PAUD), Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Seri Buku PAUD) serta telah menulis puluhan artikel jurnal ilmiah nasional dan internasional lima tahun terakhir.

 

Erni Suci Binasari, S.Psi., dilahirkan di Kembaran, Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1992, anak ketiga dari tiga bersaudara, dari pasangan Binardi (almarhum) dan Kuwatinah. Kedua saudara telah menyelesaikan jenjang pendidikan S2 dan berprofesi sebagai dosen di salah satu universitas di Yogyakarta.

 

Pendidikan dasar ditempuhnya di SD Kanisius Kembaran, tamat tahun 2004. Pendidikan menengah pertama di SMP N 2 Kasihan, tamat tahun 2007. Pendidikan menengah atas di SMA N Tirtonirmolo, tamat tahun 2010. Pendidikan jenjang S1 pertama ditempuh di jurusan Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, tamat tahun 2015. Saat ini sedang menempuh jenjang S2 di jurusan Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kini menjadi mahasiswa aktif Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 

 

Karir dimulai sebagai Tentor Bimbingan Belajar di mulai tahun 2013 di Lembaga Bimbingan Belajar Be Smart selama 4 tahun. Disamping itu, pada tahun 2015 s.d. 2017 diamanahi tugas sebagai Asisten Penelitian Dosen Psikologi di Universitas Ahmad Dahlan. Pada tahun 2015 memulai karirnya di perusahaan sebagai Happiness Manager di Crows Denim. Selanjutnya pada tahun 2016 berpindah kerja sebagai Human Resources Development di PT Cipta Sarina Vidi, setelah 4 bulan bekerja diangkat menjadi Sekretaris Komisaris Utama Vidi Group. Pada tahun 2017, berpindah kerja sebagai Project Manager area Yogyakarta di PT Bina Talenta dengan diamanahi seluruh project di Yogyakarta. Di samping itu, pada tahun 2022 mulai diamanahi menjadi Dosen Tamu di kampus STIE SBI Yogyakarta. Kini menjadi karyawan tetap di PT Bina Talenta dan sedang menempuh pendidikan S2 Magister Psikologi di Universitas Ahmad Dahlan.

 

Muhammad Satra, S.Sos., lahir di Desa Sungai Keradak Pada tanggal 05 Desember tahun 1996. Anak terakhir dari 4 bersaudara dari ayah yang bernama Hasansadi (62 Th) dan Ibu yang Bernama Putri Ayu Subaidah Alm. Menyelesaikan Pendidikan SD pada tahun 2009 di SDN 134/VII Desa Sungai Keradak dan dilanjutkan menempuh pendidikan Menengah Pertama (SMP) tamat pada tahun 2012 di SMPN 2 Sarolangun. Selanjutnya melanjutkan jenjang pendidikan di SMKN 4 Sarolangun mengambil Jurusan Akuntansi dan tamat pada tahun 2015 Jurusan Akuntansi.

 

Pada tahun 2017 melanjutkan Pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi yaitu di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambu (UIN STS Jambi) di Fakultas Dakwah Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) atau Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Penyelesaian pendidikan S1 kurang dan lebih selama tiga tahun dua bulan, di mana terhitung sejak Agustus tahun 2017 sampai dengan Oktober tahun 2020. Pada saat ini berkerja di Yayasan Pendidikan Islam Achmad Hatta Jambi Sebagai Sekretaris Yayasan (Sekretaris Pondok Pesantren Modern Achmad Hatta, dan Sekretaris SD IT Achmad Hatta). Pada saat ini menempuh pendidikan Magister (S2) di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di Fakultas Psikologi Jurusan Magister Psikologi Sains, dengan harapan dapat menyelesaikan masa study ini tepat pada waktunya.