Sumbangsih Penyuluh Agama Bagi Pendidikan Warga di Kota Sorong Perspektif Sosiologis

Rp 75.000

Kategori:

Deskripsi

Judul Buku: Sumbangsih Penyuluh Agama Bagi Pendidikan Warga di Kota Sorong Perspektif Sosiologis
Penulis: Nasruddin Radjaang; Penyunting: Ahmad Jauhari
Cetakan: I, Oktober, 2022
vi+ 110 hlm; 15 x 23 cm
78-jivaloka-publishing
ISBN : (Cetak)
ISBN : (Digital)
Harga: Rp. 75.000,-

 

SINOPSIS

 

Buku ini dipandu oleh dua pertanyaan fundamental. Pertama, bagaimana gambaran kepemimpinan penyuluh agama Islam dalam pembinaan pendidikan informal masyarakat muslim di Distrik Sorong Utara Kota Sorong? Kedua, apa faktor penghambat dan solusi kepemimpinan penyuluh agama Islam dalam pembinaan pendidikan Informal masyarakat muslim di Distrik Sorong Utara Kota Sorong? 

 

Riset menunjukkan dua hal. Pertama. Kepemimpinan penyuluh agama Islam bukan hanya sebagai aktivitas pengajian atau ceramah saja, namun keseluruhan kegiatan penerangan, berupa bimbingan dan penerangan perihal beragam pembangunan. Ia berperan sebagai pembimbing umat demi warga untuk kehidupan aman dan sejahtera. Sedangkan, sumbangsihnya bagi pendidikan warga muslim di Distrik Sorong Utara, yakni melaksanakan pengajian rutin, pemberantasan buta huruf BTQ, dan sosialisasi bahaya narkoba, sekaligus berperan sebagai informatif, konsultatif, dan advokatif.

 

Kedua. Tantangan yang dihadapinya adalah terdapat penyalahgunaan media sosial dan teknologi, kurangnya kedisiplinan dan keseriusan masyarakat, dan kesibukan pekerjaan masing-masing keluarga muslim. Lantas, solusinya adalah mengoptimalkan kegiatan pengajian, mengadakan pembiayaan sekolah melalui orangtua asuh, memberikan motivasi dan bimbingan dan membiasakan anak menjalankan ajaran Islam dengan baik.

 

========================================================

Nasruddin Radjaang, M.Pd., lahir di Kumadang, Sorong, 14 Mei 1971. Pendidikannya dimulai dari SDN. 27, Sulawesi Selatan, 1989. SMP/MTs Pesantren H. Audi Cakke, Sulawesi Selatan, 1987. SMA Pesantren H. Audi Cakke, 1991. Sedangkan Pendidikan S1-nya di IAIN Alauddin, Makassar, 1996. Melanjutkan Pendidikan S-2 di IAIN Sorong tahun 2022. Kini menetap di Jln. Trikora. Kampung Salak. RT/RW: 002/004. Desa Klawasi. Kecamatan Sorong Barat. Kota Sorong. Provinsi Papua Barat.

Riwayat pekerjannya, penghulu di KUA Sorong Barat, tahun 2006. Menjabat Sebagai Kepala KUA Sorong Timur, tahun 2015-2016. Kepala KUA di Sorong Barat tahun 2016-2017. sebagai Penghulu di KUA Sorong Barat. Menjabat Sebagai Kepala KUA Sorong Timur Tahun 2016-2017. Kepala KUA Sorong Utara 2017- sampai sekarang.